PERUNDINGAN PHK PT SUMALINDO ( SULI ) .

Pada hari senen tgl 27 Agustus 2012 , terjadi perundingan antara HO Loa janan dengan BOD jakarta melalui TELEKOMFERENCE . Membahas masalah PHK masal yang akan di lakukan oleh PT SUMALINDO LESTARI JAYA Tbk ( SULI ) . Hal ini terjadi karena pihak perusahaan berencana untuk mem PHK karyawan golongan 3 ( tiga ) down, dan rencana nya di pertahan kan yang golongan 4 up . Ada informasi dari beberapa staf yang kami ajak berbincang mengatakan bahwa , setelah PHK an golongan 3 down selesai, perusahaan akan merekrut karyawan borongan untuk mengoperasikan pabrik ini . Ini berarti bahwa perusahaan sebetul nya tidak failed , cuman karena itikad manajemen yang tidak bagus mulai awal take over di tahun 2002 , dari PT ASTRA ke PT HASKO .

Pada hari Selasa tgl 28 Agustus 2012 , terjadi lagi perundingan antara Manajemen PT SUMALINDO LESTARI JAYA Tbk ( SULI ) dengan SERIKAT PEKERJA . Materi pembahasan adalah yakni ;
1 . Mekanisme PHK .
2 . Besaran Uang PHK .
3 . System pembayaran .

Mengenai mekanisme PHK , seluruh karyawan golongan 3 down efektif per 15 september 2012 , di nyatakan Putus Hubungan Kerja dengan PT SUMALINDO LESTARI JAYA Tbk ( SULI ) . Hasil perundingan belum DEAL .

Mengenai besaran uang PHK , pihak perusahaan menawarkan 1 ( satu ) KEPMEN . serikat menolak , karena tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku , yang mana seharus nya kalau PHK sepihak , karyawan berhak menerima 2 KEPMEN .

System pembayaran uang PHK : Manajemen menawarkan pembayaran cepat jikalau aset HTI nya laku terjual . Jika tidak laku terjual akan di bayarkan secara kredit atau cicil selama 9 bulan . Serikat pun menolak . Jadi hasil perundingan , tidak ada kesepakatan .

Hari ini Kamis tgl 30 september 2012, di adakan perundingan lanjutan lagi yang di hadiri oleh wakil manajemen PT SUMALINDO di antaranya ; Dewi wulan sari, Adib manani, Eko Arif S dan Agus Guntur ( perwakilan BOD Jakarta ) serta beberapa Kepala shift . Pihak Serikat di hadiri oleh SPKAHUT, OSKM, SBSI serta di dampingi beberapa anggota serikat .
Perundingan ini sifat nya bipartit, karena belum ada wakil pemerintah atau departemen terkait yang di libatkan dalam perundingan ini .
Pada saat perundingan belum di mulai Dewi wulan sari membacakan aturan perundingan yang isinya anggota serikat yang tidak terdaftar tidak di perbolehkan mengikuti jalan nya perundingan dengan alasan nanti akan mengulang ulang pembahasan perundingan yang pertama , akhirnya sebanyak 7 orang keluar dari ruang perundingan . Sampai dengan tulisan ini kami publikasikan perundingan masih berlangsung, Semoga saja Pemerintah melalui depertemen terkait peduli akan hal ini .
Apa lagi para wakil rakyat yang duduk di komisi yang membidangi ketenaga kerjaan peduli dan ikut campur dalam urusan PHK ini , karena kejadian yang sudah sudah selalu buruh yang di rugikan …….next

( by arethere ) .

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: