RAINBOW DARI PAPUA

Anda punya hoby memelihara dan membudidayakan ikan hias, RAINBOW atau ikan pelangi boleh juga dijadikan alternative pilihan . Selain cantik, eksotis dan ramah, ikan hias air tawar yang banyak ditemukan di perairan wilayah Papua ini juga gampang dipelihara dan dibudidayakan .
RAINBOW terdiri dari berbagai jenis, antara lain : Rainbow Merah ( glossolepis incisus ), Rainbow Bosemani, Rainbow Threadfin, Rainbow Neon, Rainbow Frukata, Rainbow Celebes dan Rainbow Gertrude . Rainbow Merah berasal dari Danau Sentani dan beberapa pulau lainnya di Wilayah Papua dan negara tetangga Papua Nugini .
Rainbow Merah pertama kali ditemukan Weber pada 1908 . Jenis ini memiliki karakteristik pendamai dan sangat cocok untuk AQUASCAPING . Untuk membedakan antara jantan dan betina dengan cara melihat warna sisik atau tubuhnya . Jantan warna merahnya terlihat lebih terang, sedang betina cenderung kuning pucat dan sirip yang transparan .
Rainbow Boesemani ditemukan di Danau Ayamaru, juga Papua . Jenis ini banyak digemari di Eropa, karena warnanya cantik dan sedap dipandang . Ciri khasnya, badan separo biru dan separo kuning kemerahan . Rainbow Boesemani jantan warna sirip atas dan bawahnya lebih panjang dan warna merahnya lebih menonjol dibanding yang betina .
Rainbow Threadfin lebih dikenal dengan sebutan Iriatherina . Warnanya indah, postur tubuh pipih dan sirip atas-bawah berfilamen panjang . Mulutnya berbentuk tabung dan kecil . Karena itu pakan yang diberikan juga berukuran kecil, seperti FLAKES yang telah diremas halus atau cacing kering yang diremuk kecil-kecil . Iriatherina jantan bersirip filamen lebih panjang dan mempunyai ukuran tubuh yang lebih besar .
Rainbow Neon tidak jauh berbeda dengan Rainbow Boesemani . Untuk yang jantan sirip atas dan bawahnya lebih panjang, dan warna merahnya lebih jelas ketimbang betina . Jenis ini berukuran paling kecil dibandingkan jenis ikan Rainbow lainnya . Karena itulah ikan ini juga dijuluki Dwarf Rainbow alias kerdil .
Rainbow Frukata satu keluarga dengan Rainbow Celebes ( Telmatherina Rainbowfish ), cenderung berenang mendekati permukaan, dan gerakannya agak pelan . Frukata jantan mempunyai sirip atas dan bawah lebih panjang dan melebar dengan warna yang lebih kentara dibandingkan betina .
Rainbow Gertrudae termasuk famili Psudomugil yang juga dikategorikan sebagai Rainbowfish . Jenis ini mempunyai susunan dan bentuk sirp yang cantik , warna tubuh kuning menyala dihiasi bintik – bintik hitam dan matanya berwarna biru . Karena itu jenis ini disebut SPOTTED BLUE – EYE RAINBOW . Sekilas Gertrudae ini mirip Rainbow Celebes, bedanya hanya pada warna lingkaran mata, warna sirip, serta gerakannya .

3 Komentar (+add yours?)

  1. forlan
    Mar 02, 2009 @ 00:16:50

    great information

    Balas

  2. Arremakek
    Des 12, 2009 @ 16:56:15

    Wow, I didn’t know about this topic up to now. Thanx.

    Balas

  3. arethere
    Jan 02, 2011 @ 13:04:36

    Terima kasih atas komentar nya .

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: