TUJUAN AKHIR ( END IN MIND )

* MEMULAI DENGAN MENGINGAT TUJUAN AKHIR ADALAH PROSES PENULISAN ULANG NASKAH HIDUP KITA .
Bagi kebanyakan orang, kebiasaan ” Mulailah dengan Tujuan Akhir dalam pikiran ” berarti keluar dari kebiasaan lama maupun kecenderungan alamiah kita . Proses ini disebut : ” Menuliskan Ulang Skenario atau Naskah Hidup ” Anda .
Kita semua punya semacam ” pilot otomatis ” mental, yang memungkinkan kita melakukan berbagai hal tanpa perlu memikirkannya lagi . Semakin meningkatkan ketrampilan kita mengerjakan sesuatu , kian kita mendarah daging atau diatur sambil melakukan dktivitas lain . Kemampuan mana sering menguntungkan kita .
Tetapi kemampuan yang sama bisa pula merugikan . Respons Otomatis dapat berupa pola – pola pikiran atau perilaku yang membatasi kita . Bila hal itu terjadi , maka sikap mengandalkan pilot otomatis untuk mengikuti tuntutan naskah hidup kita tanpa berfikir lagi tentangnya , bisa menjebak kita menjadi tidak efektif . Agar efektif , kita harus mengembangkan pola – pola pikir baru untuk menggantikan pola lama yang sering kita sadari itu .
Proses inilah yang disebut ” penulisan ulang naskah hidup ” kita . Sering dengan pengembangan nilai – nilai dan perumusan tujuan hidup yang sesuai dengannya , kita juga menulis ulang naskah hidup baru , untuk merubah pola – pola pikir dan perilaku yang tidak efektif menjadi efektif . Hal itu tidak mudah dilakukan , karena biasanya kita cenderung terperosok kembali ke bimbingan ” pilot otomatis ” kita . Penulisan ulang naskah hidup harus merupakan proses yang kita sadari , suatu kebiasaan untuk secara sengaja dan waspada melakukan visualisasi atau proses penciptaan mental berdasarkan niat yang jelas .

By
Arethere’s

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: