KERAJAAN MAJAPAHIT

Kerajaan Majapahit adalah kerajaan yang terbesar ke dua setelah Kerajaan Sriwijaya . Kerajaan Majapahit didirikan oleh Raden Wijaya yang bergelar Sri Kertarajasa Jayawardana . Raden Wijaya memerintah tahun 1292 – 1307 . Setelah Kertarajasa wafat, Majapahit di perintah oleh Kalagemet yang bergelar Jayanegara .
Kerajaan Majapahit mengalami kejayaan pada masa pemerintahan Raja Hayam Wuruk ( 1350 – 1389 ) . Ia memerintah Kerajaan Majapahit di dampingi oleh Patih Gajah Mada . Di bawah pemerintahannya, Kerajaan Majapahit menjadi aman dan damai sehingga rakyat hidup dengan makmur dan sejahtera .
Sebagai seorang patih di Kerajaan Majapahit, Gajah Mada mempunyai jasa yang sangat besar terhadap Kerajaan Majapahit . Gajah Mada memiliki cita – cita yang luhur, yaitu ingin menyatukan seluruh wilayah Nusantara . Cita – cita nya di ucapkan dalam Sumpah Palapa yang intinya ia tidak akan bersenang – senang sebelum dapat mempersatukan Nusantara . Untuk mewujudkan cita – citanya, Gajah Mada membangun armada laut yang kuat . Armada laut ini digunakan untuk pertahanan dan perdagangan .
Kerajaan Majapahit di sebut kerajaan maritim . Majapahit disebut juga Negara Kesatuan Kedua . Wilayah Kerajaan Majapahit meliputi hampir seluruh wilayah Nusantara ditambah Malaka dan Tumasik ( Singapura ) .
Peninggalan sejarah Kerajaan Majapahit adalah Candi Sawentar, Candi Sumber Jati , Candi Tegawangi, Candi Tikus , Candi Jabung, dan Candi Surawana . Hasil karya sastra sejarah yang dihasilkan pada masa kejayaan Kerajaan Majapahit adalah sebagai berikut .
a . Kitab Negarakertagama yang dikarang oleh Mpu Prapanca .
b . Kitab Arjunawiwaha yang di karang oleh Mpu Tantular .
c . Kitab Sutasoma yang dikarang oleh Mpu Tantular .
Setelah Gajah Mada dan Hayam Wuruk meninggal, Kerajaan Majapahit mengalami kemunduran . Penyebab utama kemunduran Kerajaan Majapahit adalah perang saudara memperebutkan tahta Kerajaan Majapahit . Perang ini terkenal dengan sebutan Perang Paregreg . Perang Paregreg adalah perang saudara antara Wikrama Wardana dan Bhre Wirabumi pada tahun 1401- 1406 . Perang ini terjadi semasa pemerintahan Wikrama Wardana . Wikrama Wardana adalah suami Kusumawardani ( Putri Hayam Wuruk ) . Bhre Wira Bumi merasa berhak menduduki tahta Kerajaan Majapahit dan berusaha merebutnya .

By
Arethere ‘ s

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: