MENGERTI DAN DI MENGERTI

– Kapankah pengertian di mulai ? Menuntut untuk di mengerti oleh orang lain adalah ibarat mengatakan : ” Bukalah pikiran anda untuk saya ” . Sedangkan mau mengerti orang lain sama dengan berkata : ” saya akan membuka pikiran saya untuk anda ” . Makna maupun nada keduanya sangatlah berbeda , sehingga sulit untuk melakukannya secara bersamaan . Karena itu biasanya kita memfokuskan diri pada salah satu diantara dua pilihan sikap tersebut . Dan kebanyakan orang , hanya mau mengerti semata .

– Kita bisa memilih yang berbeda , yang akan besar manfaatnya bagi hubungan yang terjalin , dengan usaha untuk mengerti lebih dulu . Bila kita berusaha mengerti orang lain lebih dulu , kita menerapkan prinsip dari empati . Kata empati berasal dari bahasa yunani . Emphaty bagian ” EM ” nya berarti ” didalam ” . Sedangkan ” Phaty ” berasal dari pathos , yang berarti ” perasaan ” atau ” penderitaan ” . Kita menerapkan empati , bila menempatkan diri kita pada posisi orang lain , sehingga bisa mengalami perasaan seperti orang itu mengalaminya . Ini bukan lalu berarti kita setuju pada pendapatnya , melainkan sekedar mengerti sudut pandang orang yang bersangkutan .

– Begitu kita mengerti , kita dapat beralih ke tahap interaksi kedua , yaitu : berusaha untuk dimengerti oleh si lawan bicara . Pada tahap ini , lebih besar kemungkinannya kita akan benar – benar dimengerti , berhubung orang yang bersankutan untuk dimengerti telah kita penuhi lebih dulu . Kemudian baru kedua belah pihak bisa saling mengerti sudut pandang masing – masing , dari mana mereka bisa berusaha menemukan pihak ketiga .

By
Arethere ‘ s

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: