REKENING BANK EMOSI

Membangun hubungan antar individu yang erat dan produktif dengan membuka Rekening Bank Emosi pada orang lain , dan mengisinya secara teratur . Membicarakan hubungan antar individu , kita menggunakan sebuah kiasan : REKENING BANK EMOSI . Rekening Bank Emosi mewakili besarnya kepercayaan yang tumbuh dalam hubungan individu tersebut .
Kita mengisi dan mengosongkan Rekening Bank Emosi pada orang lain sebagaimana halnya dengan rekening uang di Bank , yaitu melalui tindakan penyetoran dan penarikan . Penyetoran memperbesar jumlah rekening kita , penarikan akan mengurangi jumlah rekening kita .
Penyetoran adalah perbuatan – perbuatan yang menambah kepercayaan dalam hubungan kita dengan orang lain : kebaikan dan keramah tamahan , menepati janji , menghormati harapan orang , integritas , kesetiaan , permintaan maaf , dan sebagai nya . Penarikan adalah perbuatan yang mengikis kepercayaan : ketidak sopanan , kritik negatif , ingkar janji , penghianatan , dan yang semacamnya .
Inti di balik kiasan tersebut adalah : dengan penyetoran kita membangun cadangan itikad baik dan kepercayaan yang akan lebih mengefektifkan komunikasi kita dengan orang yang bersangkutan . Sebaliknya , bila kita mengadakan penarikan , kita menjauhkan diri kita dan bisa mengakibatkan kehilangan segala manfaat yang mungkin diperoleh dari hubungan kita dengan orang tersebut .

By
Arethere ‘ s

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: