PERJANJIAN RENVILE

Pada tanggal 21 juli 1947 , Belanda melanggar perjanjian Linggar Jati . Belanda melancarkan Agresi Militer l dengan menduduki daerah sumatra Utara , Sumatra Selatan , Jawa Barat , dan Jawa Timur .
Untuk penyelesaian konflik Indonesia – Belanda , PBB ikut terlibat dengan membentuk KOMISI TIGA NEGARA ( K T N ) . KTN mengadakan pertemuan resmi pada 20 0ktober 1947 . Hasilnya , KTN mengusulkan agar Indonesia – Belanda mengadakan perundingan . Tempat perundingan ialah sebuah kapal perang bernama RENVILE milik Amerika Serikat .
KTN mengusulkan gencatan senjata dengan segera . Indonesia pun menyetujui usul tersebut , tetapi Belanda menghendaki pembicaraan
dan penjelasan lebih lanjut
Menurut VAN ZEELAND , sebagai utusan PBB , perjanjian gencatan senjata akan segera terwu
jud bila dicapai persetujuan mengenai dua hal , yaitu di hentikan nya perang gerilya sesuai dengan resolusi PBB tanggal 1 November 1947 dan ditentukannya garis demarkasi . Berdasarkan Perjanjian Renvile , Indonesia harus mengakui wilayah – wilayah yang di duduki Belanda pada Agresi Militer l sebagai wilayah Belanda .
Dalam pembentukan garis demarkasi , Belanda mengusulkan agar garis Van Mook dapat diterima .
Indonesia menolaknya dan meminta Belanda menarik tentaranya ke posisi sebelum Agresi Militer l di mulai . Daerah sekitar garis demarkasi ini akan di kosongkan . Sambil menunggu penyelesaian politik , keamanan di daerah tersebut akan di jaga oleh polisi sipil . Sesudah penyelesaian politik tercapai , pemerintah sipil harus di kembalikan seperti sebelum 21 juli 1947 . Sementara itu , tentara Belanda dalam waktu tiga bulan harus sudah di tarik kembali ke posisi seperti sebelum aksi militer Belanda di mulai .

By
Arethere ‘ s

baca di sini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: