* PERJANJIAN LINGGAR JATI *

Pada tgl 23 maret 1946 , terjadi peristiwa BANDUNG LAUTAN API . Konflik bersenjata terjadi antara rakyat Bandung dan Belanda . Untuk mengatasinya di adakan perundingan di HOOGE VELUWE , BELANDA tgl 14 – 15 april 1946 . Tetapi perundingan tersebut gagal mencapai kesepakatan , karena Belanda ingin menjadikan Indonesia sebagai negara COMMON WEALTH berbentuk federasi yang memiliki SELF GOVERNMENT dalam lingkungan kerajaan Belanda . Sementara itu Indonesia menghendaki pengakuan kedaulatan yang penuh atas seluruh wilayah bekas HINDIA BELANDA .
Untuk mengepung negara Republik Indonesia , Belanda melancarkan politik pecah belah dengan membentuk negara – negara boneka . Tanggal 15 – 25 juli 1946 , Belanda mengadakan konferensi Malino yang di hadiri oleh wakil daerah – daerah pendudukan Belanda , yaitu : Kalimantan utara , Kalimantan Barat , Kalimantan Timur , Bangka , Belitung , Riau , Sulawesi selatan , Manado , Bali , Lombok , Timor , Sangihe-Talaud , Maluku utara , Maluku selatan dan Papua . Konferensi itu di lanjutkan dengan Konferensi Pangkal Pinang pada 01 0ktober 1946 . Dan Konferensi Denpasar , Bali pada 7 Desember 1946 , hasil nya di bentuk Negara Indonesia Timur ( N I T ) dengan SUKAWATI sebagai PRESIDEN dan NAJAMMUDIN DAENG MALEWA sebagai PERDANA MENTERI nya .
Pada tanggal 10 November 1946 di adakan perundingan di LINGGAR JATI dekat Cirebon . Baru pada 15 November 1946 naskah perundingan itu di sepakati . Isi nya terdiri atas 17 pasal dengan isi pokok :
– Belanda mengakui Republik Indonesia secara DE FACTO meliputi Jawa , Madura , dan Sumatra .
– Indonesia – Belanda bersama-sama akan membentuk Negara Indonesia Serikat yang terdiri atas Negara RI Proklamasi , Indonesia Timur , Kalimantan Timur dan Dayak Besar yang harus di capai sebelum tanggal 1 januari 1949 .
– Republik Indonesia Serikat ( R I S ) dan Belanda bersama-sama membentuk Indonesia Belanda dengan Ratu Belanda sebagai ketuanya . Naskah perjanjian ini baru di tandatangani dengan sah pada 26 maret 1947 .

By
Arethere ‘ s

PARADIGMA by Arethere ‘ s

1 Komentar (+add yours?)

  1. bellarisma
    Mei 12, 2009 @ 02:28:14

    ISI PERJANJIAN RENVILE:

    1.WILAYAH RI MELIPUTI ATAS JAWA TENGAH,YOGYAKARTA,SEBAGIAN KECIL JAWA BARAT,SEBAGIAN KECIL JAWA TIMUR DAN SUMATRA.

    2.TNI HARUS KELUAR DARI DAERAH-DAERAH YANG DIKUASAI BELANDA

    DITULIS OLEH SEKUTU BELANDA TANGGAL:
    18 SEP,1948 JAKARTA.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: