PROAKTIF.

Proaktif adalah kemampuan untuk memilih respon-respon Anda sendiri . Dengan kata lain ; Proaktivitas adalah kekuasaan , dan kemampuan untuk memilih respon-respon kita terhadap apapun yang menimpa diri kita , berdasarkan nilai-nilai yang kita anut .
Bila kita bersikap proaktif, kita sadar bahwa keadaan lingkungan tidak akan mengendalikan hidup kita . Bahkan sebaliknya, kitalah yang mengendalikan keadaan sekeliling . Proaktivitas membuka mata kita bahwa keadaan lingkungan bisa kita rubah, bahwa kita dapat memakai keadaan sebagai ” bahan mentah ” menuju tercapainya hal-hal yang kita inginkan .
Sebaliknya, bila kita tidak proaktif atau bersikap reaktif maka kita akan di kendalikan oleh lingkungan . Keadaan lingkunganlah yang merubah diri kita .Apa bila keadaan berjalan baik, kita merasa senang . Tetapi jika keadaan memburuk, kita pun kecewa . Kita lalu melakukan hal-hal yang non-produktif sambil berdalih bahwa kita tidak punya pilihan lain berhubung kondisi yang ada .
Kalau kita bersikap reaktif, hari – hari mendung yang kelabu akan membuat kita murung . Tetapi jika kita proaktif, keadaan cuaca tidak akan mempengaruhi kita . Kita menciptakan sendiri kondisi Internal yang membahagiakan dan produktif , sehingga kondisi lingkungan tidak akan menentukan apa yang harus kita perbuat atau kita rasakan .

By
Arethere ‘ s

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: