HUBUNGAN ANTAR INDIVIDU YANG PALING BAIK ADALAH BERDASARKAN KEPERCAYAAN

Bila kita hendak menyelesaikan masalah yang menyangkut hubungan dengan orang lain , kita harus percaya bahwa hal itu mungkin di lakukan . Dengan kata lain , kita harus percaya bahwa tentu ada cara untuk menyelesaikan masalah tersebut , kalau tidak buat apa kita bersusah payah untuk itu .
Dan pendekatan kita terhadap masalah bersangkutan , sebagian besar tergantung dari kepercayaan yang dimaksud .

Disatu pihak , kita boleh percaya akan kemampuan kita memanipulasi orang lain , kita boleh percaya bahwa orang lain akan bisa kita kendalikan untuk mengerjakan apa yang kita inginkan . Kalau demikian yang menjadi kepercayaan kita , maka kita pun akan mencari cara-cara penyelesaian yang sesuai dengan itu .
Tetapi dilain pihak , kita juga dapat mempercayai orang lain . Kita dapat percaya bahwa mereka punya itikat baik terhadap kita , bahwa merekapun ingin menyelesaikan masalah yang ada dengan saling memuaskan atau secara senang-senang . Bahwa mereka mampu mengatur diri mereka sendiri , sehingga tidak perlu harus kita beritahu , bahwa boleh jadi mereka melihat hal-hal yang memang tidak terlihat oleh kita .
Bahkan apa yang mereka lihat itu bisa membuat kita lebih arif , atau memungkinkan mereka lebih jelas memahami sudut pandang kita . Dengan membiasakan diri menaruh kepercayaan secara demikian , kita telah menggeser perhatian dari pengendalian hal – hal negatif dalam hubungan dengan sesama menuju perwujudan hal – hal yang positif . Pergeseran perhatian tersebut akan mendatangkan perubahan suasana yang besar . Dan suasana positif yang tercipta akan memperlancar hubungan yang ada serta membantu mengatasi tantangan masalah yang dihadapi secara lebih produktif .

By
Arethere ‘ s

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: