PARADIGMA

PARADIGMA artinya contoh, pola, atau sekumpulan kosep yang menggambarkan suatu aspek kehidupan.
PARADIGMA biasanya menjelaskan hubungan sebab akibat yang dipakai kaum ilmuwan dalam membuat ramalan ramalan atau hipotesis yang kemudian mereka uji coba kebenarannya. Apabila apa yang diamatinya tidak cocok dengan ramalan sebelumnya, maka PARADIGMA yang dipakai akan dirubah atau disesuaikan lagi. Pada gilirannya, PARADIGMA PARADIGMA maupun ramalan mereka akan menjadi kian tepat sesuai satu sama lain dan semakin bermanfaat jadinya.

Kita juga berpikir dengan menggunakan PARADIGMA.
Pikiran kita membangun model atau konsep tentang dunia dalam rangka lebih mengerti realitas hidup ini. Keputusan keputusan yang kita ambil adalah hasil penilaian dan ramalan yang lahir dari PARADIGMA yang kita anut. Semakin dekat kesesuaian PARADIGMA kita dengan realitas yang ada, kian tepat keputusan keputusan yang kita ambil.

PARADIGMA ibarat peta.
Sebuah peta menunjukkan kepada kita letak tempat tempat dan bagaimana hubungannya satu sama lain. Apabila kita baru pindah bermukim dikota lain, maka peta kota itu akan membantu kita melakukan perjalanan. Selang beberapa waktu setelah mengetahui jalan jalan yang ada, kita bisa berangsur melupakan peta tersebut dengan menggantinya dengan peta mental dibenak kita, yang lebih rumit dan terperinci dibanding peta diatas kertas tadi. Dan semakin kita mondar mandir dikota itu, kian lengkaplah peta mental atau PARADIGMA kita tentang kota tersebut jadinya. Secara demikian pula kita menciptakan PARADIGMA PARADIGMA tentang orang lain, kelompok, etnis tertentu, negara, pemerintah, partai politik, pendeknya tentang segala hal bahkan termasuk diri kita sendiri.

ARETHERE’S

1 Komentar (+add yours?)

  1. Trackback: * PERJANJIAN LINGGAR JATI * « Arethere’s Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: