KERAJAAN KUTAI KARTANEGARA

Kerajaan KUTAI terletak di Pulau Kalimantan, yaitu tepatnya di tepi Sungai Mahakam, Kabupaten Muarakaman, Kalimantan Timur . Kerajaan Kutai adalah Kerajaan Hindu .
Kerajaan Kutai berdiri pada awal abad ke – 5 Masehi . Kerajaan Kutai adalah Kerajaan tertua di Indonesia . Bukti bahwa Kerajaan Kutai merupakan kerajaan tertua di Indonesia dapat dilihat dengan adanya peninggalan prasasti atau yupa . Yupa berbentuk tugu batu yang bertulis memakai Huruf Pallawa dan berbahasa sansekerta . Yupa dahulu di gunakan untuk menambatkan hewan korban persembahan . Yupa memuat syair – syair Sansekerta untuk mengingat persembahan hadiah – hadiah mewah , seperti sapi dan kuda . Hadiah tersebut khusus di berikan kepada golongan Brahmana sebagai hadiah atas pelaksanaan upacara atas nama Raja Mulawarman .
Berdasarkan yupa yang ditemukan, kita dapat mengetahui bahwa Kerajaan Kutai pernah di perintah oleh tiga orang raja yaitu Kudungga , Aswawarman ( putra Kudungga ) , dan Mulawarman . Masa pemerintahan Raja Mulawarman merupakan masa keemasan Kerajaan Kutai .

By
Arethere ‘ s

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: